Back

Perbedaan liburan Generasi Z dan Generasi sebelumnya

Centennial.id – Dilansir dari halaman Kompasiana, Hilmam Miladi orang tua yang mempunyai seorang putri menjelaskan liburan ala generasi Z. Generasi Z selalu identik dengan segala hal yang kekinian. Mereka adalah generasi yang terlahir saat arus informasi mengalir begitu cepatnya. Harap maklum, Generasi Z (Gen Z) adalah anak kandung internet. Begitu lahir, internet sudah ada dalam genggaman tangan mereka.

Sebagai anak kandung internet, Gen Z lebih familiar dengan media sosial. Dan media sosial yang paling banyak digunakan Gen Z adalah Youtube, Instagram, serta platform pesan pribadi seperti Whatsapp dan Line. Mereka mengartikan eksistensi diri dengan cara memajang foto-foto di tempat wisata yang kekinian di akun media sosial. Mendapatkan “like”, dan “follower” yang semakin bertambah di akun Instagram mereka adalah sebuah kebanggaan tersendiri.

Bicara mengenai liburan, Gen Z memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Syarat utama dari liburan yang kekinian ala Gen Z adalah tempat wisata itu harus punya spot foto yang Instagramable. Dalam arti, tempat wisata itu harus mempunyai titik-titik pemandangan yang fotonya layak untuk dipajang di media sosial, terutama Instagram.

Baca Juga :  Selebgram, Pancingan Belanja Online Generasi Z

Gaya saat berlibur pun berbeda. Kami, generasi yang lebih tua cenderung ingin menikmati terlebih dulu suasana tempat wisata tersebut. Sementara bagi Gen Z, hal pertama yang harus dilakukan saat menginjakkan kaki di tempat wisata adalah mencari spot foto yang layak. Menikmati suasana adalah hal terakhir yang mereka lakukan. Mereka memilih untuk antri berfoto di spot-spot yang terkenal instagramable daripada berjalan-jalan dulu dan menikmati suasananya. Seolah-olah Gen Z takut kehilangan waktu dan tidak sempat berfoto.

Satu lagi yang membedakan liburan Gen Z dengan generasi yang lebih tua adalah pada perlengkapan yang mereka bawa. Beberapa perlengkapan yang ‘harus’ dibawa Gen Z saat berlibur adalah :

  • Kamera Digital/DSLR,
  • Smartphone dengan kualitas kamera depan yang jernih, lengkap dengan kuota internetnya,
  • Charger gadget,
  • Power bank.
Komentar