Back

Asian Games 2018 Semakin Dekat Panitia Sibuk Makanan Sehat Untuk Para Atlet. Menu Apa Saja Ya Kira-Kira?

Centennial.id – Delapan hari jelang Asian Games 2018, semua melakukan persiapan nyaris final. Tak cuma para atlet yang mempersiapkan dirinya, tapi juga para penyelenggara katering. Tak cuma soal rasa makanan yang enak, makanan bagi para atlet di Asian Games pun harus memenuhi hitung-hitungan gizi lengkap dan sehat. Semua menu yang dihidangkan atas persetujuan Olympic Council of Asia. Perusahaan katering disebut akan menyediakan 127 menu untuk sarapan dan 142 menu untuk makan siang dan makan malam. Penanggungjawab makanan jatuh pada PT Gobel Dharma Sarana Karya.

“Menu-menu memiliki syarat utama yakni protein tinggi. Gunanya untuk memulihkan otot. Ini mutlak, semua protein tinggi,” kata Amanda Katili Niode, ketua Omar Niode Foundation penyelenggara acara temu media bersama Komunitas Kuliner Indonesia di Almond Zucchini, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (10/8).

Hasil gambar untuk MAKANAN ATLET ASIAN SEA GAMES 2018

Di samping itu, untuk jenis makanan akan terdapat enam ‘food station’ atau lapak yakni, South East Asia (makanan dari Asia Tenggara antara lain Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam), East Asia (makanan dari Jepang, Korea, China), South Asia (termasuk makanan dari India), West Asia (Arab Saudi, Uni Emirat Arab), Central Asia (termasuk Afganistan) dan international buffet.

Baca Juga :  World Cup 2018 Akan Putar Dua Lagu Boy Band Asal Korea Di Stadium di Moskow. Siapa Saja Ya?

Selain protein, menu juga harus memenuhi kriteria lain seperti kandungan kalori, lemak, lemak jenuh, serat, dan sodium. Para atlet yang memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu tak perlu khawatir sebab penyelenggara katering sudah menyediakan label jika menu mengandung gluten, wijen, kacang-kacangan, seafood, telur, ikan, susu dan seledri.

Amanda berkata, pada hari terselenggaranya kompetisi, masing-masingĀ food stationĀ bakal memiliki tema berbeda, misalnya tema Jawa sehingga hidangan akan bernuansa makanan dari Jawa. Menu nasi yang akan tersaji yakni nasi kebuli dan nasi biryani. Nasi kebuli mewakili hidangan berbau Arab, rasa rempah cukup kuat plus sentuhan rasa daging kambing. Sedangkan nasi biryani memiliki warna lebih cerah daripada nasi kebuli. Nasi memiliki topping berupa kismis atau kurma.

Komentar